February 2, 2013

PISUHAN TWITTER



Hari ini saya melihat ada yang mengumpat pada status Facebook dan Twitternya, dilain tempat ada yang galau di akun tuiternya. Ada juga yang laporan kalo dia sedang lapar atau baru ganti spion motornya.

Sejak ada social media, dunia begitu ramai, tidak ada lagi ruang pribadi. Setiap orang merasa berhak memberitahukan kondisinya pada halayak ramai, tapi terkadang jika direspon negatif oleh temannya malah marah-marah. Mereka lupa, bahwa untuk merespon, apapun bentuknya, juga merupakan kebebasan. Sama seperti mereka posting kondisinya di berbagai socmed.

Entah lupa atau tidak mengerti, apa yang kita tulis di socmed adalah cerminan diri kita. Misalnya, setiap kita sakit trus langsung bikin tweet begini “aduh sakit perut nih” trus 5 menit kemudian tetiba posting begini “ya Allah udah ga kuat pengen cepet sembuh” –men, lo pikir Tuhan punya akun tuiter? Ngeri juga kalo Doi punya yak?!! – terlihat sekali orang yang punya akun itu tipe-tipe pencari perhatian. Kalo yang begini modelnya, biasanya saya langsung mute atau zip atau langsung di unfollow hehe :D

Adalagi yang ngetuit tiap 5 menit sekali, ini biasanya trik untuk mencari perhatian gebetan lewat timeline, karena tidak bisa disangkal lagi Twitter tanpa disadari sudah menjadi ajang pedekate baru. Kita bisa kenalan, pedekate, kemudian jadian lewat si burung berkicau ini.
Adalagi yang suka nge-twitt quote-quote keren dari tokoh-tokoh dunia yang saya baru denger namanya, ini antara ga tau mo ngeTuit apa buat cari perhatian atau supaya dibilang keren karena tau quote keren yang  jarang orang tau.

Twitter buat saya adalah sebuah wadah pencitraan diri, apapun yang kamu tulis sebagai bio atau twitt merupakan pencitraan diri kamu sendiri. Sebenernya ini keren, kita bisa atur seperti apa kita ingin terlihat dimata follower kita. Bisa jadi diri kita sebenarnya atau berpura-pura menjadi orang lain. Seperti saya waktu itu ngaku tinggal di Jogja sendirian tanpa keluarga karena semua keluarga tinggal di Australia, pada seorang teman Facebook yang saya tidak kenal. Dan ajaibnya dia percaya!! Jarang ada orang yang percaya kebohongan saya, ini prestasi!!! haha :D

Jadi mulai sekarang  berhat-hatilah pada apa yang kamu posting di social media. Beware of what you’ve twitted, because it reflects who you really are :)


No comments:

Post a Comment