November 26, 2017

#ripiuicha : Stand By Me

Sejak ditinggal Stranger Things, saya ngerasa ada yang kosong di dalem hati (emang pernah ngga kosong?). Untuk mengobatinya, saya jadi iseng guglig-gugling judul film-film klasik bertema teen adventure yang hits pada masanya dan memorable sampe sekarang. Maka, untuk mengobati kerinduan terhadap Stranger Things sekaligus memaksimalkan kerja wi-fi yang udah dibayar bulanan, akhirnya saya streaming film bertema teen adventure. Film pertama yang ditonton setelah nonton ulang It adalah Stand By Me.

Stand By Me yang ini ya, bukan yang Doraemon.
Film buatan tahun 1986 ini diangkat dari novelet Stephen King yang judulnya The Body. Yang ngikutin karya-karyanya Stephen King pasti udah ngerti banget deh kalo  doi terkenal dengan cerita-cerita horror nan creepy. Tapi, untuk film ini, ngga ada serem-seremnya sama sekali. Malah cenderung drama, tapi tetep worth to watch.

Cerita berawal dari sebuah kota kecil bernama Castle Rock. Di sana, tumbuhlah 4 terong-terongan sotoy abege; Gordie, Chris, Teddy dan Vern. Mereka dipersatukan bukan karena nerd, tapi karena sama-sama punya latar belakang keluarga yang bermasalah. Chris berasal dari keluarga biang kerok, Gordie yang kehilangan abang kesayangan dan perhatian orang tuanya, Teddy yang punya bapak tukang pukul dan Vern yang rada dungu. Kalo di Stranger Things geng-nya pada main board game di basement, kalo yang ini pada main kartu remi sambil ngudud di rumah pohon. Tinggal tambahin motor balap klonengan, jadi deh inih bocah terong-terongan fly over.

Mereka berempat melakukan perjalanan sakral sejauh puluhan mil untuk melihat mayat. Eits, tunggu dulu! Mayat ini bukan sembarang mayat, tapi ini mayat teman sebaya mereka yang udah ngilang sejak 3 hari yang lalu.

Lah trus di mana istimewanya?

Rupa-rupanya, abege-abege ini haus popularitas. Jadi, mereka mikir kalo nemuin mayat ini duluan mereka bakal tenar, peduli setan deh orang bakalan nanya mereka tau lokasi mayatnya dari mana. Yang penting mah ngetop aja dulu.

Yaelah, cil. Orang mah kalo aus minum aer, lah ini malah nyari mayat.

Hhhhhh~~~

Singkat cerita, berangkatlah mereka berempat ke lokasi penemuan mayat dengan berjalan kaki menyusuri rel kereta. Oiya, kalo ngarep mereka bakal ngelawan monster lendir atau badut terkutuk di film ini, pastinya kalian akan kecewa.

Lah terus mereka ngelawan apa dong? Lawan hawa napsu? Emang mereka lagi puasa romadon?

Yawla, cerewet banget sih, netijen! Baca sampe abis dong makanya. 

Ngga kayak Stranger Things dan It, film ini emang ngga menyajikan adegan berantem lawan monster atau pun badut. Karena genrenya drama, fokus ceritanya adalah bagaimana abege tanggung ini berhadapan dengan keapesannya masing-masing. Dalam perjalanan, mereka sharing banyak hal, mulai dari cita-cita sampai ketakutan mereka terhadap masa depan. Dari sini, mereka jadi belajar menemukan jati diri dan lebih mengenal satu sama lain. Contohnya Teddy, bapaknya yang seorang veteran tentara perang terkenal 'ringan tangan', dia bahkan pernah nempelin kuping Teddy ke kompor panas sampe melepuh. Tapi, gimana pun Teddy disiksa  sama bapaknya, dia tetap bangga punya bapak tentara.

Atau Chris, yang menyimpan kekhawatiran akan masa depannya karena ngeliat keluarganya yang biang kerok. Dia bahkan sampe yakin ngga bakal punya masa depan. Sering mengalami kekecewaan terhadap keluarganya bikin Chris jadi yang paling dewasa di geng ini. Dia takut banget temennya marah kelamaan, makanya dia ngga ragu minta maaf dulua pas berantem walaupun bukan dia yang salah.


Well said.
Belom lagi si Gordie, yang harus terima kenyataan bahwa orang tuanya lebih sayang sama abangnya yang ganteng dan berprestasi. Di mata kedua orang tuanya, Gordie ini invisible, anak yang gaulnya sama tukang onar dan ngga punya punya kelebihan apa-apa. Padahal, si Gordie ini jago banget nulis cerita.



Dari mereka beremapat, kayanya cuma Vern doang yang ngga punya masalah. Masalah terbesarnya cuma nyari kaleng koinnya yang diumpetin sendiri.

For me it's martabak cokelat kacang :)

This is the kind of movie that gives you warm feeling. Dialog-dialognya nyantai, tapi banyak yang quotable. Scene favorit pas lagi pada camping dan ngobrol sambil nunggu ngantuk, kocaaaaak! Oiya, buat fans berat Stranger Things yang udah re-watch berkali-kali (seperti saya), jangan kaget kalo banyak scene di  film ini yang mirip sama Stranger Things, karena ternyata film ini adalah salah satu yang menginspirasi The Duffer Brothers dalam proses pembuatan Stranger Things.

Kesimpulannya, film ini saya kasih rating 4/5. Storytelling yang oke, script yang sederhana tapi quotable dan akting pemerannya bikin film ini layak untuk ditonton berkali-kali. Saat tulisan ini terbit pun, saya udah nonton 2 kali :D 

Jadi, mau dibikinin #ripiuicha buat film apalagi nih, pemirsa?



1 comment:

  1. Kewl nih, reviewnya. Langsung nonton ah filmnya (nanti malem atau malem nanti)

    ReplyDelete