August 6, 2016

Indonesia itu AJAIB!

Buat saya, Indonesia itu negara yang ajaib. Mulai dari lokasi geografisnya, budayanya, makanannya, semuanya. Kenapa saya bilang ajaib? Oke, kita bahas satu-satu yaa. 

Pertama, letak geografis Indonesia itu ajaib. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, udah pasti Indonesia punya banyak banget pulau, jumlahnya ada lebih dari 17 ribu pulau. Itu pun yang masuk itungan, yang masih misteri dan belom dihitung masih banyak lagi. Karena negara kepualuan, otomatis Indonesia juga punya banyak pantai cantik. Saya sendiri pernah main sebentar di salah satunya. Coba deh gugling Pantai Cemara Kecil di Kepulauan Karimun Jawa. Waktu saya ke sana, mulut saya sampe pegel melongo saking terkesima sama pantai cantiknya. Oh pemandangan bawah lautnya juga ngga kalah cantik sama pantainya. Ngga suka ke pantai karena takut kulit gosong? Tenang, pegunungan di Indonesia juga ngga kalah keren. Mulai dari gunung yang isinya pasir sampe gunung yang isinya salju, Indonesia punya. Sayangnya, belum satu pun gunung di Indonesia yang saya datangi. Tapi udah masuk bucket list kok.

Kedua, budaya Indonesia itu ajaib. Indonesia punya 1.340 suku bangsa, itu pun menurut sensus BPS tahun 2010. Tiap suku punya budayanya masing-masing, mulai dari bahasa, baju adat sampe ke rumah adat. Geser pulau dikit, bahasanya udah beda. Satu bahasa daerah pun punya tata bahasa berbeda. Contohnya bahasa Jawa. Belajar bahasa Jawa itu sama aja kayak belajar 3 bahasa dan ternyata ini juga berlaku di bahasa daerah lain. Ajaib kan?! Kalo ada satu aja negara yang punya budaya sebanyak Indonesia, coba kasih tahu saya ya. Ceritain sampe jelas.

Ketiga, makanan Indonesia itu ajaib. Karena Indonesia salah satu negara penghasil rempah terbesar, otomatis makanan Indonesia “mandi bumbu” dan kaya rasa. Oh tiap daerah juga punya makanan khas masing-masing. Contohnya soto. Soto di Bandung jauh berbeda dengan soto yang di Padang tapi dua-duanya udah pasti enak, karena saya seorang sotovora hehe :D


Diantara segala kekurangannya, ada lebih dari cukup alasan untuk jatuh cinta kepada Indonesia. Indonesia itu kayak mantan terindah, susah dilupain. Indonesia juga kayak Raisa, cantik dan susah ditolak. J

No comments:

Post a Comment