January 22, 2015

Nyinyir Post

A: Eh (nyebut nama) ya?
B: Hehe iya
A: Ya ampun udah lama banget yaa ngga ketemu, mana pacarnya? Eh apa udah nikah ya?
B: Oh ngga, kesini sama temen-temen yang lain kok
A: Eh udah punya calon belom?
B: Calon? Calon maksudnya?
A: Calon suami, pacar. Udah ada belom? Kalo belom, aku kenalin sama temen aku ya. Orangnya baik kok, kerjanya udah mapan, lagi nyari calon istri juga. Kalo sama dia dijamin deh kamu seneng. Mana sini nomor kontak kamu aku kasih ke dia ya
B: Ahahaha thank you banget, gw ngga nyaman kalo dijodoh-jodohin gitu *mulai jengah*
A: Ih kenapa? Ngga apa-apa lagi, jadi aja temen dulu, siapa tau cocok kan lumayan. Lagian kalo ngga begini kapan mau ketemu calonnya? Ya ya mau ya?
B: Eh sebentar ya, di sebelah sana kayanya ada poffertjes enak deh, kesana dulu ya. Dadaaahh *melambaikan tangan yang lebih berarti menyerah daripada berpisah*
****
A: Sorry mba, kamu (nyebut nama) bukan sih?
B: Iya, kamu (nyebut nama) ya?
A: Ya ampun dari tadi aku liat kamu tapi mau negur takut salah. Abisnya beda banget sih
B: Hehe beda gimana?
A: Iya, kayanya terakhir ketemu kamu ngga begini deh. Sekarang gemukan ya? Pasti hidupnya seneng nih
B: Iya nih, akhir-akhir ini emang makan mulu jadi ya gini deh *disertai senyum jengkel*
A: Kurusin lagi dong, kamu cantik deh kalo kurusin badan kayak waktu itu. Jangan segede gini hihi *mengikik nyebelin*
B: Eh by the way, aku ke toilet dulu ya, mendadak mual nih. Bye…

Dua dialog di atas pasti sering banget ditemui ketika menghadiri acara reuni sekolah/kampus, pernikahan seorang temen lama atau bisa juga saat tanpa sengaja bertemu teman lama dalam sebuah acara. Responnya pun bervariasi, ada yang pelan-pelan mlipir pergi, ada juga yang tetap menjaga basa basi walaupun hati sudah menjerit pengen ngomel-ngomel. Nah, saya termasuk tipe orang yang ke-2 hehe :D

Entah karena apa, saat bertemu teman lama kita sering kali menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi yang seharusnya ngga perlu diketahui. Misalnya dalam dialog pertama, soal menikah. Bagi orang yang menganggap menikah adalah pilihan bakalan santai-santai aja ditanya pertanyaan rese level dewa kayak gitu. Tapi gimana jadinya jika pertanyaan jatuh pada orang yang sedang mengalami masa-masa panik karena sudah sering ditagih mantu dan cucu dari orang tua? Dan apakah dengan menikah hidup akan lebih bahagia? Soal bahagia, bukankah setiap orang punya ukuran kebahagiaannya masing-masing?

Dialog ke-2, soal penampilan. Memiliki tubuh yang gemuk atau gendut bukan pertanda kamu tidak bisa menjadi cantik bukan pula pertanda bahwa hidup seseorang sudah teramat sangat menyenangkan. Bisa jadi orang yang kamu bilang gendut sedang berada dalam pertarungan batin demi menerima dirinya sendiri apa adanya. Cantik itu (seharusnya) tidak mengenal fisik. Gendut, kurus, tinggi, mungil, sipit, belo, kalo udah cantik ya cantik aja, tanpa harus ditambahkan embel-embel “kalo kamu kurusin dikit” dan kawan-kawannya. Cantik seharusnya terpancar dari bagaimana kita menerima diri kita sendiri, tanpa memikirkan label yang diberikan orang, tanpa dibanding-bandingkan dengan orang lain. Cantik itu (seharusnya) terpancar dari kenyamanan kita menjadi diri sendiri tanpa harus berjuang agar dibilang cantik oleh orang lain.

Tanpa disadari (atau disadari sepenuh hati), kadang sumber dari kegalauan dalam hidup datang dari pertanyaan-pertanyaan ngga penting macem di atas. Padahal untuk menjadi ramah dan hangat ada sekian banyak pertanyaan yang lebih pantas ditanyakan dan enak didengar daripada menanyakan hal-hal pribadi agar terlihat peduli.

Be nice because everyone you meet is struggling with a battle you know nothing about, but if you feel like don’t want to be nice to people, then don’t. Because faking it would hurt them and you, eventually.


1 comment:

  1. hal-hal kecil yang katanya basa-basi tapi justru membuat lawan bicara terpojok :)
    pengamatan yang baik, salam.

    ReplyDelete