September 20, 2014

Diary of The Food Enthusiast: TEMPE PENYET

Orang mengenal saya sebagai “Si Tukang Makan”. Alasan mereka jelas, karena saya doyan makan. Padahal ngga semua makanan saya makan. Di rumah justru saya lebih dikenal sebagai anak yang makannya pemilih. Beda dengan Mba Ipit yang beneran tukang makan, saya agak pemilih kalo soal makanan. Saya ngga makan ikan. Saya nggak begitu doyan daging merah. Saya juga ngga begitu suka daging putih (ayam). Walaupun ada beberapa jenis masakan berbahan daging yang saya suka, tapi saya lebih memilih makan sayuran. Iya, saya lebih suka sayuran tapi saya bukan vegetarian karena masih susah untuk menghindar dari godaan mie ayam :D

Jika anak-anak susah sekali makan sayuran, Ibu saya justru gampang sekali menyuapi saya dengan berbagai macam sayuran. Makanan yang paling saya doyan waktu itu adalah tempe. Konon menurut cerita Ibu, jika saya diajak kondangan saya selau minta dicarikan tempe goreng diantara deretan makanan pesta yang enak-enak.

Ini lho bentuknya TEMPE PENYET
Makanan berbahan tempe yang dari kecil sampai sekarang saya doyan banget salah satunya adalah TEMPE PENYET (harus ditulis dengan huruf kapital, biar keliatan dramatis). Ibu selalu bikin TEMPE PENYET pada pagi hari untuk  menu sarapan. TEMPE PENYET adalah makanan berbahan dasar tempe yang digoreng kemudian di-penyet-kan dengan bumbu sambal. Penyajiannya langsung dari cobek. Katanya, kalo dipindah ke piring rasanya jadi kurang sedap.  

Komposisi bahan sambal yang di gunakan pada TEMPE PENYET tidak sama seperti sambal seperti biasa. Sambal TEMPE PENYET memiliki komposisi diantaranya cabe, bawang putih, gula merah, sedikit terasi sebagai penyedap rasa dan kencur. Rasanya manis gurih. Untuk tingkat kepedasan bisa disesuaikan dari banyaknya cabe yang digunakan. Rasa sambalnya manis gurih berempah. Walaupun orang lebih kenal kencur sebagai bahan dasar jamu, tapi pada TEMPE PENYET dijamin ngga bakal ngerasa kayak lagi makan jamu tempe. Karena kencur yang digunakan hanya sebagai pelengkap, jadi seperti after taste yang ketinggalan di lidah ketika tempe sudah masuk kerongkongan. Kombinasi aroma tempe yang digoreng dan wangi kencur pada sambalnya selalu berhasil bikin saya mendadak lapar.


Sebenernya tempe yang di goreng polos dan ditaburi garam aja udah enak banget. Apalagi yang dibikin jadi TEMPE PENYET. Mungkin ngga semua orang bakalan suka sama makanan ini, karena yaa itu tadi ada kencurnya. Tapi buat saya TEMPE PENYET ini adalah salah satu makanan dewa diantara makanan dewa lainnya (yang kebanyakan berbahan dasar sayur). Buat yang penasaran, boleh lah sekali-kali dicoba. Saran saya makannya pake nasi hangat, biar lebih nikmat. :D

1 comment:

  1. ciyeee update lagii.. liebseerr mana liebsteerrrr... basi laaah

    ReplyDelete