October 17, 2013

KELAS PENYIAR: THE REUNION CLASS

Masi inget kan kalo saya ini salah satu muridnya Kelas Penyiar? Saya masuk ke Batch V, batch yang menurut saya cerewetnya ngga nyantai x)

Jadi beberapa minggu lalu, tepatnya tanggal 6 Oktober 2013, Kelas Penyiar bikin kelas all batch, semacam kelas reuni. Semua batch, dari Batch I sampe Batch V diundang. Sempet mikir juga sih, emang tempatnya muat yah? Secara 1 batch aja kira-kira muridnya sekitar 30-an. Etapi ternyata tempat muat, karena ngga semua orang bisa dateng.

Ini bukan kelas biasa. Iya, soalnya yang bakalan sharing adalah orang yang kece berat! Bukan berarti mentor yang lain kurang kece yah, kalian tetep kece tak terbantahkan kok. Aduh ini kenapa ngomong kece-nya banyak banget sik?!?!

tuuh bener kaan! Caesar-nya tsakep! :))
Yang sharing di kelas reuni kemaren adalah seorang presenter yang juga seorang penyiar, yaitu Caesar. Eh jangan salah yah, ini bukan pemilik goyang yang acaranya absurd banget itu loh. Ini Caesar yang dulu suaranya saya sering dengerin di Prambors tapi sekarang saya dengerin di JakFm, ini Caesar yang presenternya Net Tv dan suaranya ganteng. Keren banget kan?!?!

Ternyata Caesar lebih cakep aslinya daripada di tipi!! Kemaren baru aja nikah dan istrinya imut, mungil, dan cakep :D

Dan ternyata lagi nih, doi dulu kuliahnya ngga ada hubungannya sama sekali sama broadcasting. Caesar ternyata lulusan fakultas hukum di Undip (kalo ngga salah inget :D). Dia juga cerita, katanya dulu dia itu orangnya pemalu. Sempet ngga percaya sih kalo dia pemalu, secara yah mana ada pemalu bisa eksis di tipi. Saya juga pemalu, pengennya makan mulu hehe ^^v

Semuanya berawal dari karena dia dateng dari Jakarta dan Undip itu adanya di Purwokerto (ini juga kalo ngga salah inget yak ^^v). Dia sering banget disodor-sodorin buat jadi jubir atau apapun yang judulnya ngomong depan orang banyak dan dia pun ngga pernah nolak. See, ternyata untuk jadi seorang broadcaster yang bagus ngga harus lulusan broadcasting juga.

Saya kebagian maju wakilin Batch V. Sukarela? Ngga lah! Saya disodor-sodorin temen yang laen. Untung saya dari Batch V, jadi majunya belakangan. Bisa lah nyontek-nyontek gaya-gaya yang maju duluan ^^v

Pas tau didepan disuruh ngapain, rasanya saya pen ngilang aja gitu atau malah pen ganti nama. Haha cemen yeh :D

Jadi, yang maju kedepan disuruh coba-coba presenting atau siaran. Nah loh! Saya seumur idup belom pernah presenting apa-apa kecuali produk tabungan ke nasabah, itupun nasabahnya palingan cuman 2 orang, nah ini??? Ditonton orang-orang di depan + Caesar + Mba Bintang + Sahil. Aduh!!
saya, Fiduy dan Kibot barengan mentor keceh Sahil

Akhirnya karena saya ngaku saya cemen, Caesar cuman nyuruh saya untuk pengenalan diri. Beuh, kalo disuruh pengenalan diri mah lancar jaya! Tapi jeleknya nih yah, saya ini PDC, Pancing Dikit Curcol. Jadilah saya curcol gimana saya kuliah yang salah jurusan and deskrei and debrey.

Pas ngomong, saya bingung tangan saya mesti ngapain. Dikedapnin aneh, kebelakang lebih aneh lagi. Dipake buat tunjuk-tunjuk, emangnya saya dosen killer. Akhirnya tangan kanan saya megangin gelang yang ada di tangan kiri. Pas liat potonya saya cuman bisa komen “men, itu tangan gw ganggu banget sik!!!”.

Seriusan deh, ngomong depan orang banyak (public speaking) itu ngga gampang. Buat sebagian orang yang ngga ngerti mungkin akan dianggap gampang tapi sumpeh deh, ngga gampang men!

Caesar waktu itu bilang, supaya sukses presenting atau public speaking, kita harus mengenal crowd. Maksudnya bukan kenalan sama penonton satu-satu loh, tapi sebisa mungkin kita harus udah tau siapa aja yang bakalan dateng atau nonton acara itu. Ngga lucu kan kalo acara peresmian rumah sakit, yang dateng gubernur sama presiden tapi kita nge-MC-nya pake bahasa gaul jaman sekarang? Kalo sampe kaya gitu, fatal banget! 

Katanya juga, menyisipkan sedikit joke ditengah acara resmi juga ga papa. Biar ga terlalu garing acaranya atau bahasa kerennya ‘ice breaking’.

Ada satu quote dari Caesar yang saya suka banget, ‘There’s always the first time for everything’. Saya setuju banget sama quote itu. Selalu ada yang pertama untuk hal apapun, jadi ngga usah takut untuk mencoba. Masalah hasil akhirnya gimana, yang penting kita udah coba. Itung-itung lunasin rasa penasaran lah. Kalo ternyata gagal, jangan takut untuk nyoba lagi dan jadikan kegagalan sebelumnya sebagai pelajaran untuk percobaan berikutnya. Ini maksudnya untuk hal-hal yang positif loh yah. Eh bentar deh, saya ngga kedengeran seperti motivator kan yaah?? :D

Overall, kelas reuni kemaren asik banget. I had a really great time with the mentors and the other member. Seneng banget bisa tau Kelas Penyiar dan jadi salah satu muridnya. Ngga sabar nungguin haru Sabtu buat belajar banyak di Kelas Penyiar.


See you on next Saturday guys x))
Batch V! ga punya foto yang All Batch ^^v

No comments:

Post a Comment