October 28, 2013

KELAS PENYIAR DAY 3: BRANDING YOURSELF



Sabtu 2 minggu yang lalu, seperti  sebelumnya, tepat jam 1 siang  saya udah duduk manis di Learning Lounge Plaza Semanggi . Yep! Ini kelas terakhir Batch V untuk belajar di Kelas Penyiar. Sedih sih tapi seneng jugak. Seneng karena bisa seru-seruan bareng, sedih karena ini kelas terakhir :( 

Materi yang disampaikan tentang “Branding Yourself” bareng mba Bintang Cahya dan “How to Make a Good CV” bareng mba Charissa yang nama panggilnya sama seperti saya, Icha hehe :D

Session pertama dibuka sama mba Bintang. Kami disuruh perkenalan diri. Gampang sih, cukup sebutin nama sama hobi doang taaapiii harus sebutin nama dan hobi temen yang sebelumnya. Dan di tempat itu ada kurang lebih 27 orang. Mamam deh yang dapet giliran terakhir haha x))

Mba Bintang kasih materi tentang “Branding Yourself”. Tentang bagaimana penampilan kita berpengaruh dengan apa yang ingin kita sampaikan ke orang lain. Misalnya, kita pengen dianggap pintar dan tegas tapi penampilan kita urakan, sukanya pake kaos dan jeans belel. Kalo seperti itu maka kesan yang timbul adalah kita orang yang pemalas dan berantakan.

Disinilah Personal Branding menjadi sangat penting. Personal Branding is how you see yourself and what do you want to be (kalo ga salah inget ^^v). Jadi, kalo kita pengen terlihat pintar maka ‘berdandanlah’ yang pintar.

Session kedua ada mba Icha dengan materi “How to Make A Good CV”. Emang sih saya udah tiga kali pindah-pindah tempat kerja, jadinya mungkin kalo CV mah udah bisa lah yaaa. Tapi ini bukan sekedar CV yang biasa dikirim ke kantor-kantor formal, ini tentang bikiN CV ke radio, apalagi kalo apply-nya jadi annoucer. CV-nya harus beda, out of the box tapi ngga berlebihan supaya bisa gampang dibaca juga. Karena kalo CV kita standar-standar aja bakalan ngga keliatan sama produser acaranya karena yang apply pasti banyak banget, apalagi kalo apply ke radio ngetop.

Selaen CV kita juga harus siapin sample voice, yaitu contoh suara kita. Kalo emang udah pernah siaran, boleh laah dikasi editan dikit. Tapi kalo baru mending yang sederhana aja, supaya suara aslinya kliatan dan ngga ketutup sama editannya. Waktu itu kami juga dikasi contoh sample voice yang bagus dan emang bagus banget. Suaranya bisa berubah-ubah padahal yang ngomong satu orang. Ternyata itu contoh sample voice-nya mas Joy Ritchie. Ya eyalaahh bagus!! Doi VO profesional gituu :D

 As usual, we had a great time. It went very fun and a lot of information. Seneng banget tau dan bisa ikutan Kelas Penyiar ini. Walopun gratis tapi ilmu dan orang-orang yang saya temui di kelas bukan main-main.

Nungguin banget ada Kelas Reuni kek waktu itu. Biar kumpul-kumpul lagi, ngobrol-ngobrol lagi ^^v

this is it! BATCH V :))

No comments:

Post a Comment