October 13, 2013

KELAS PENYIAR DAY 2: ANNOUNCING SKILL

3 minggu belakangan ini saya punya kegiatan baru setiap Sabtu selain terkantuk-kantuk nonton OHP dikampus. Iya, saya ikutan Kelas Penyiar, kelas broadcasting geratis yang ilmunya edan banget :)

Di minggu kedua kemaren, kami diajarin tentang Announcing Skill bareng guru kece pleus handal Joy Ritchie dan Daud Tobing (kalo di gabung jadi Joy Tobing, sounds familiar). Mereka berdua announcer #LosBanditos di 93,2 FM MD Radio. Kalo Daud Tobing sebelumnya announcer Prambors dan udah nyemplung di dunia announcing dari umur 17 taun. Kalo Joy Richie selain jadi announcer, doi juga seorang voice over. Voice over secara general bisa disamain sama Dubber (pengisi suara). Saya tebengong-bengong waktu denger Joy suaranya berubah-ubah, dari suara monster sampe ke suara anak kecil, suaranya juga bisa bikin kami yang denger jadi bersemangat. Singkatnya, suaranya bisa menghipnotis haha x)

Kelas dimulai oleh Joy Tobing. Seperti kelas sebelumnya, kami disuruh untuk jelek-jelekin muka, melet-melet trus treak-treak. Kami disuruh mengerut dalem-dalem trus melotot sambil mangap lebar-lebar. Agak absurd yah kliatannya. Tapi ternyata ke-absurd-an kami itu ada fungsinya, ternyata itu adalah senam muka. Fungsinya supaya pas lagi siaran muka kita udah ‘lemes’, semacam warming up kalo mo olahraga. 

Selesai menyon-menyonin muka, kami dibagikan kertas isinya tulisa. Iya, kami disuruh baca. Bukan, bukan karena kami belom bisa baca (lagian ini kan kelas penyiar bukan kelas kejar Paket C). Kertas yang dibagikan tadi isinya tulisan-tulisan tongue twister yang harus kami baca. Ngga gampang loh baca tulisan yang katanya mirip-mirip tapi ngga tebalik-balik.

Ngga cuman sekedar baca aja, tapi kami harus baca dengan artikulasi yang jelas dan ngga blibet, intonasinya juga dibuat semenarik mungkin tapi ngga keluar dari apa yang tulisan tadi mao ceritain. Ini berfungsi kalo nanti kita mao sampein berita pas lagi siaran.

Sesi kedua ada Daud Tobing. Orang Batak, tatoan, dan jenong!! Entah kenapa saya selau suka liat orang jenong, mnurut saya berasa liat lapangan basket, licin hehe ^^v

Kami diajarin teknik siaran yang kece. Gimana bikin seperti kita seolah-olah ngomong cuman sama satu pendengar. Kami diajarin juga tentang bagaimana sebagai seorang announcer kita ngga boleh memihak. Mao salah atau bener, sebagai announcer ga boleh men-judge. Biarkan pendengar yang memutuskan. Katanya ‘biarin aja dosanya yang makan pendengar’ ahahhhaaaaa

Kami diajarin teknik bridging, ini seru banget nih! Bridging itu teknik mengangkat sebuah percakapan tapi ngga langsung ke pokok pembicaraan. Simpelnya bridging itu teknik ngomong muter-muter tapi bikin orang tertarik.

Kami dikasi 4 kata yang sangat berlawanan dan langsung dibikin sebsiuah cerita singkat yang bikin orang tertarik. Waktu itu saya dapet kata ‘manusia, vitamin C, dan viagra’. Untungnya saya kedapetan yang ngga bgitu susah.

Oia ada satu lagi yang susah banget. Kami dikasi penggalan berita tentang politik dan ekonomi. Beritanya boring banget, saya aja ngga minat bacanya. Tapiiiii sekali lagi, kami disuruh menyampaikan berita tersebut dengan bahasa kami sendiri yang bole sedikit disisipkan opini tapi ngga bole memihak ataupun men-judge dan dibuat semenarik mungkin tapi ngga keluar dari konteks yang diberitakan. Disini teknik bridging kepake banget. Edun! Terms and condition-nya panjang banget kan. Udah gitu diakhir percakapan juga harus dikasi punchline yang asik dan oke. Banyak temen-temen kelas yang pada nyerah waktu disuruh Daud untuk bikin pecakapan. Susah gelaaaa!!!

Kesimpulan hari itu adalah ternyata membaca dan menjadi seorang announcer itu ngga gampang. Banyak proses yang harus dilalui sampe bisa mendekati sempurna dan punya devoted fans. Practice makes perfect itu emang bener banget! Kalo kata Daud ‘jadi penyiar itu ngga bole sok tau tapi ngga bole ngga tau juga’

Overall, that day went very fun. I was soo excited. Sayang banget kelas ke-3 saya ngga bisa hadir karena digangguin kampus. Hih!

Semoga dari kelas penyiar ini, saya menemukan passion saya yang sebenarnya x))
 
penampakan absurd anak Batch 5 :))

No comments:

Post a Comment